Minggu, 05 Februari 2012

Nomor Mesin dan Rangka BSA


BSA menggunakan sistem huruf dan angka untuk mengidentifikasi tahun mesin mereka. Informasi ini dikombinasikan dengan nomor buku tahunan (buku panduan) dimana tidak menutup kemungkinan dalam daftar ini terdapat sedikit kesalahan, namun diharapkan kesalahan tersebut sangat sedikit dan akan membantu Anda mengidentifikasi tahun dan model mesin Anda.

Mengidentifikasi mesin Anda.

Pertama, hati – hatilah dalam membeli mesin, terutama jika tidak memiliki dokumen atau bukti asal.  Jika dokumennya tidak tersedia , maka periksalah mesinnya. Sebagian besar BSA mempunyai  nomor rangka yang terletak di tempat-tempat tertentu dan biasanya selalu dicap(stempel). Tetapi setelah diatas tahun 1968 nomor mesin dan nomor rangka sangat jarang untuk bisa diidentifikasi di mana frame dibagi menjadi beberapa kode model mulai dengan misalnya model terkecil. Sebagai contoh semua model seri A memiliki prefiks A7 atau A50 kecuali model Gold Star Rocket dan Super Flash.


Beberapa tempat nomor rangka :

Pra perang
Terdapat di frame depan atas, baik di jok depan atau kepala kemudi.

1950-an
Biasanya di depan tangki bensin kecuali pada awal model Bantams di mana letaknya biasanya terdapat di pelat mesin depan dan biasanya samar dan kecil.

1960-65
Biasanya terletak di plat dibawah stang kemudi atau di bawah tangki depan.

1965-1968
Biasanya pada bagian depan mesin.

Tahun 1968 dan setelahnya
Depan mesin.

Nomer Mesin

Nomor mesin lebih mudah ditemukan,biasanya dimulut crankcase di sisi primer. Kecuali model Bantams yang tertera pada titik mounting depan atau tepat di belakang mulut crankcase.

Namun Ini hanya panduan apabila frame aslinya rusak dan bisa diganti dengan frame baru dan dapat distempel di mana saja.


Identifikasi Nomor Mesin Dan Rangka untuk Tahun 1969 Keatas

Pemilik model akhir BSA dapat dengan mudah mengidentifikasi bulan dan tahun mesin mereka. Model tahun ini dimulai setelah penutupan pabrik pada bulan Juli 1969 sehingga model yang dibuat antara Agustus 1968 hingga Juli 1969.

Kode terdiri dari tiga bagian, bagian pertama terdiri dari dua huruf yang menggambarkan bulan dan tahun pembuatan, yang kedua adalah lima digit angka dan yang ketiga adalah kode model. 
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat disini

0 komentar:

Posting Komentar

 

MACI TULUNGAGUNG Copyright © 2010 | Designed by: Compartidisimo